- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Mengenal Kuliner Bolen

Bolen, merupakan jajanan/ panganan yang sering dijadikan oleh-oleh atau sajian di rumah. Ini merupakan salah satu kesukaan mimin SSDK. Entah mulai suka dengan bolen sejak kapan. Pastinya, mulai suka sejak dapat oleh-oleh, nyicipin satu, koq enak. Sejak itu jadi ketagihan.

Kali ini mimin SSDK mau sharing informasi, mengenal bolen itu apa sih? Mari disimak ya, informasi Mimin peroleh dari hunting Googling.


Makanan satu ini dikenal dari Kota Bandung, atau karisidenan Bandung. Ada toko oleh-oleh di Bandung, yang bernama Kartika Sari, cukup terkenal akan produksi bolennya. Bolen dari Kartika Sari ini tak diragukan keenakannya.

Bolen ini mulai dikenal oleh pemilik toko kue yang bernama Ratnawati Purnomo ini sejak tahun 1984. Tapi ada yang bilang bahwa mulai dikenal itu tahun 1980an.

Bolen dibuat dari adonan kulit pastry. Bolen ini merupakan olahan dari resep pastry asal Belanda, yang diolah sedemikian rupa supaya pas dengan lidah orang Indonesia. Dimana di dalamnya diberikan isian potongan pisang. Kini kita kenal ada isian kombinasi coklat dan keju.

Sebenarnya variasi bolen ini tak hanya pisang bolen, ada pula tape bolen, durian bolen, kacang hijau bolen, getuk bolen dan lain-lain.

Asal-usul nama 'bolen' itu sendiri dari mana sih? Btw, bolen yang kita kenal sekarang kan bentuknya kotak-kotak ya, persegi potongannya. Ada pula yang memanjang lonjong. Tapi dulu awalnya, bolen itu dibuat menyerupai truk pengaduk semen, biasa kita sebut truk molen.

Bahan adonan bolen? Seperti yang sudah mimin sebut di atas bahwa bolen terbuat dari kulit pastry. Nah bahan adonan pastry ini antara lain tepung terigu, gula pasir, korsvet dan air.

Apa itu korsvet? Korsvet atau shortening pastry adalah lemak yang berfungsi membentuk lapisan pada adonan flaky. Adonan seperti ini bisa dilihat pada croissant, Danish atau puff.


Nah itulah dia informasi singkat soal bolen. Salah satu kue kesukaan mimin. Di blog mimin yang lain, ada pernah sharing referensi bolen yang mimin pernah beli.

Bisa visit di Naturality Shop, ketik saja di kolom Search: kata kuncinya bolen. Ada tiga referensi bolen kesukaan mimin. Salam jajan, karena kami gaksukalapar. Hehehe. Sekian dulu ya, lain kali mimin SSDK share info lain di channel ini. Pantengin terus blog gaksukalapar.id, untuk tahu resep-resep rumahan yang simpel dan praktis. SSDK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox