- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Roti Tawar Goreng

Masuk hari kedua diminggu terakhir Oktober 2020. Anak sekolah masih school at home ya. Biasanya kalau normal, orang tua terutama seorang ibu pasti sibuk mengurusi bekal anak-anaknya. 

Nah meskipun sedang school at home, bukan berarti bisa santai, urusan sarapan tentunya tetap bisa dilakukan, sembari menjadi cemilan anak. Disela-sela pergantian jam. 

Kira-kira cemilan apa yang mengenyangkan? Mimin dapat share resep dari Miss Wiji. Kebetulan seperti biasa, Miss Wiji ini senang ngoprek dapur, mencari apa yang masih bisa diolah. Ternyata stok roti tawar masih ada sebungkus, maklum dirumah pada kurang suka sama roti katanya.

Masak apa kita? 

Roti Tawar Goreng

Bahan:
10 lembar roti tawar, pipihkan

Bahan pencelup:
1 butir telur, aduk sampai putih dan kuning tercampur rata.
Tepung panir secukupnya

Bahan isian:
1 buah wortel, iris kecil-kecil seperti dadu
4 buah bakso sapi, iris kecil seperti dadu
1 sendok makan tepung terigu
1 butir bawang putih, cacah halus
Lada bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat:
1. Bahan isian : tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan wortel, bakso, garam, lada bubuk dan kaldu bubuk. Aduk-aduk sampai rata, lalu tambahkan larutan terigu. Aduk kembali sampai matang. Angkat. Sisihkan.

2. Ambil 1 lembar roti tawar lalu bagi 2 membentuk segitiga.

3. Beri isian secukupnya lalu oleskan telur dipinggiran dan tekan perlahan lahan agar menempel.

4. Celupkan roti yang sudah diisi kedalam telur. Lalu angkat dan celupkan kedalam tepung roti sambil di tekan perlahan agar menempel. Lakukan hal yang sama sampai semua roti habis.

5. Panaskan minyak goreng. Lalu goreng roti isi sampai berwarna keemasan. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Tips:
Sebaiknya simpan didalam kulkas terlebih dahulu (1-2 jam), agar pada saat digoreng lebih crispy
Pada saat menggoreng pastikan minyak benar-benar panas ya, agar roti tidak banyak menyerap minyak pada saat diangkat.

Mudah kan? Iya lah. Nah ini juga bisa dibuat oleh bapak-bapak yang kebetulan single parent. Jangan mau kalah sama emak-emak, bapak-bapak juga bisa kan berperan jadi ibu untuk urusan beginian. Masa kalah sama emak-emak yang semua pekerjaan bisa.

Resep ini pasti akan dipost di IG @gaksukalapar.id. Channel IG @gaksukalapar.id menyajikan beberapa pilihan resep simpel yang bisa dicoba siapa saja. Follow IG @gaksukalapar.id ya, untuk dapatkan informasi resep-resep sederhana ala rumahan yang simpel.

Jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan, 3M menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak aman satu dengan yang lain (sosial distancing). Sampai jumpa diresep lainnya. gaksukalapar.id

Happy cooking for your family ðŸ˜‰


#rotigoreng
#cookingathome
#gaksukalapar
#cooking
#hobby
#snack

2 komentar:

  1. Unik juga resepnya, baru tau kalo roti tawar bisa digoreng seperti itu. Jadi penasaran ama rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jaman sekarang, emak-emak harus makin kreatif :) bekal ilmu dari emak jaman dulu perlu di kolaborasi kan dengan emak-emak jaman now, hasilnya adalah banyak menu-menu baru sekarang.

      Hapus

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox