- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Kopi Campur Susu, Amankah?

Membaca sebuah timeline di Twitter, akun tersebut menanyakan "sehat apa egk, minum susu tambah Nescafe". Efek baca ini maka jadilah postingan ini.

Nescafe sendiri merupakan brand kopi yang umum dijual di mini market, dia sudah cukup eksis di pasar dan kebanyakan orang sudah tahu ketika kata 'nescafe' diucapkan pasti merujuk pada kopi.



Hmm, saya jadi bertanya-tanya, kalau ya misalkan gak sehat nih jika kopi dan susu dicampur, lalu selama ini ada menu minuman kopi susu tidak ada yang tahu gitu, misalkan menu itu berbahaya? Rasanya ya gak mungkin ya jika susu dan kopi yang dicampur bisa memberikan efek toksik atau lainnya.

Saya pikir justru yang membuat twit mempertanyakan hal ini, itulah yang justru toksik, twitnya itu lebih berbahaya sepertinya.

Di belahan dunia manapun, para barista sudah sering mengolah minuman dengan mixing antara susu dan kopi. Bahkan olahan² kopi yang ada di etalase cafe itu ya mixing antara kopi dan susu. Contoh saja, latte art pada minuman latte, itu juga kan hasil kombinasi susu dan kopi espresso. Lalu, itu disebut gak sehat? Hmm, situ sehat?

Pada intinya seperti ini, segala sesuatu selama dikonsumsi dalam tahap normal, itu masih bisa dikatakan normal. Tapi jika dikonsumsi dengan berlebihan, meskipun makanan atau minuman itu sehat, karena punya dampak (-) bisa dikategorikan sebagai tidak sehat.

Intinya selama masih dikonsumsi dalam tahap normal ya tentunya baik² saja. Justru yang sakit itu adalah yang bertanya, nampaknya tidak ada pertanyaan berbobot guna mengisi timeline twit di sosmednya, dan tentunya ini kan akhirnya memancing komentar² dan si pembuat twit telah berhasil. Dalam hal ini saya jadi terpancing berkomentar akhirnya.

Kalau menurut kalian, sobat gaksukalapar.id, bagaimana pendapatnya soal ini, kopi dan susu dicampur, sehat kah?

Ya sekali-kali, postingan saya ke gaksukalapar.id ini berisi opini dan tanggapan suatu hal sih.

So, sebagai penutup, abaikan saja jika ada yang bertanya begitu, jika dikemudian hari ada lagi orang 'bodoh' yang menanyakan hal yang sama (lagi).

Sudahkah ngopi hari ini? -cpr-

12 komentar:

  1. Oalah mas...saya tuh dari jaman masih piyik alias abegh sering banget minum susu pake bubuk kopi, soalnya gak suka rasa susu banget, dan itu tiap hari selama bertahun"sampe saya tamat sekolah deh...gimana kabarnya dengan yg ngetwit itu...udah sadar belom dari ngaconya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, sy jg gak begitu suka dg rasa susu, kaya mau muntah aja bawaannya. Tapi kalau dicampur sama kopi itu jadi netral menurut sy dan jd bisa minum.

      Kayanya yg ngetwit itu kumpulan orang ngaco deh.

      Hapus
  2. Bukan orang bodoh, Mas. 7 tahun lalu, tradisi orang Inggris minum kopi gak pakai campur apa2. Tidak juga pake gula. Minum teh, kopi, susu juga begitu (susu segar). Semua original. (Tak tahu situasi sekarang). Aneh bagi mereka minum teh manis, teh susu. Kopi susu. Mungkin yang versi tradisionalnya ya. Saya tahu dari si bungsu yang saat itu kerja di hotel Indigo, Birmingham. Saya di sana gak pernah masuk kafe mewah. Takut cara megang sendoknya keliru. Haha .... Maklum nenek ndeso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, bener² kita harus mahami lebih sejarahnya ya bagaimana budaya itu terbentuk ..

      Hapus
  3. Yang penting jgn berlebihan ya. Saya suka kopi campur susu juga. Rasanya enak dan menyenangkan untuk dinikmati setiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, semua itu asal secukupnya baik manfaatnya, yang berlebih itu yang bahaya.

      Hapus
  4. kebetulan saya minum kopi tulen tanpa campuran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau selera berbeda, dan jenis kopinya berbeda tapi tetap masih sama² kopi .... "kopikir-pikir memang enak kopi itu" 😃

      Hapus
  5. Hai, Terima Kasih artikelnya bagus sekali. BTW Salam sesama blogger saya pingin berteman :)

    mashilman.blogspot,com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali, saya akan kunjungi balik 👍

      Hapus

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox