- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Bahan Makanan / Makanan yang Tidak Direkomendasikan Dikonsumsi Bersama Teh / Kopi

Duduk santai ditemani cemilan sembari nyeruput hidangan hangat seperti kopi atau teh sangatlah wuenak, ya me time banget. Apalagi sembari duduk di depan tenda, di tengah suasana sejuk pegunungan, joss tenan.

Eh, tahukah, ternyata ada lho makanan atau bahan makanan yang gak direkomendasikan dikonsumsi bersama teh atau kopi.

Ya terserah, tergantung selera, entah mau disantap bersama kopi atau teh. Tapi bahan makanan ini tidak direkomendasikan dikonsumsi bersama. Why? Baik mari kita cari tahu.

Ilustrasi, gambar diambil dari Google

Kebetulan saya juga tertarik merepost informasi ini sebagai menambah pengetahuan.

#1 Bahan² makanan yang mengandung zat besi
Zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Dalam kandungan kopi dan teh, terdapat 'tanin', apabila tercampur bersama bahan makanan yang mengandung zat besi, maka hal ini akan menyebabkan tubuh untuk sulit menyerap vitamin dan mineral. Hal ini disebabkan karena sifat tanin ini mengikat zat besi. Karena dalam posisi terikat terus, maka senyawa besi  yang terdapat pada makanan sulit diserap tubuh sehingga menyebabkan penurunan zat besi. 

Bahan makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti daging merah, hati, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah kering, sereal hingga suplemen zat besi.


#2 Makanan yang mengandung asam
Kita semua tahu, bahwa kopi itu punya tingkat keasaman relatif tinggi, 'acidity', kalau sering konsumsi kopi pasti pernah dengar istilah itu. Begitu juga dengan teh. Itu kenapa, ketika kopi atau teh yang telah lama didiamkan, cenderung cita rasa asamnya akan naik. 

Nah, apabila kita mengkonsumsi makanan dengan tingkat asam tinggi pula, maka kondisi ini akan menyebabkan asam berlebih, hal ini tentunya tak baik bagi gigi dan lambung. Gigi akan mudah terkorosi oleh asam, enamel gigi akan terkorosi dan lambung akan terganggu karena asam lambung jadi naik.

Bahan makanan yang punya kandungan asam tinggi seperti jeruk, lemon, nanas, tomat, dan cuka. Ada pula pada anggur, bir, soda, dan jus buah-buahan.


#3 Makanan yang mengandung gula tinggi
Pada kopi dan teh terdapat kafein. Dimana kafein ini dapat dengan mudah meningkatkan insulin dalam darah sehingga gula dalam tubuh mudah diserap.

Nah apabila konsumsi gula pada bahan makanan yang kita santap bersama kopi dan teh ini kaya akan gula, maka pasokan gula pada makanan akan dengan mudah terserap sehingga menyebabkan kadar gula dalam tubuh akan naik signifikan dalam tempo singkat. Hal ini tidak baik bagi kesehatan tubuh dan yang tengah mencari berat tubuh ideal (ingin kurus atau yang lagi diet).


#4 Makanan yang mengandung kalsium
Kafein yang ada dalam kopi dan teh akan memperlambat penyerapan kalsium sehingga akan memperlancar pengeluaran kalsium lewat urine sehingga dapat menyebabkan tubuh kekurangan kalsium.

Sedangkan kalsium sendiri punya manfaat baik bagi tubuh seperti membentuk sel sel seperti tulang, gigi, saraf dan juga otot.

Bahan makanan yang tinggi akan kalsium diantaranya adalah yoghurt, keju, brokoli, bayam, ikan sarden, biji bijian, susu tinggi kalsium, dan suplemen kalsium.


Setelah baca informasi di atas, apakah pernah melakukannya? Hmm saya yakin pernah melakukan hal yang tidak direkomendasikan di atas.

Setelah tahu ya hendaknya dikurangi atau dihindari, karena kurang baik saja untuk tubuh kita. Kopi dan teh punya manfaat baik jika ketemu kombinasi yang pas, jika tidak manfaatnya jadi gak maksimal.

Sejauh ini yang sering saya lakukan, minum kopi atau teh bareng dengan makan terang bulan, hmm kita semua tahu dimakanan itu ada gula, ada keju dan itu sepertinya ada 'langgar' poin #3 dan #4.

Ya tapi kembali lagi, porsinya memang gak banyak sih. Tapi meski begitu apa yang disebutkan sebenarnya rekomendasi untuk tidak dilakukan. Kita berpegang pada logika ilmiahnya saja ya.

Kalau sobat gaksukalapar.id, pengalamannya bagaimana?


Segitu saja share informasi dari saya, semoga bisa menambah pengetahuan dan pemahaman baru. Sampai jumpa dibahasan lainnya. -cpr-

#onedayonepost
#informasi
#bahanmakanan
#umum

2 komentar:

  1. Iya juga .saya juga kayaknya sering begitu, makan makanan yg ga boleh di makan barengan Ama kopi atau teh, emang sebaiknya dikurangi atau di hilangkan kebiasaan buruk kek gini,tapi ya itu tadi suka kelupaan alias lalai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena qt gak paham aja si, tapi kalau sering baca dan paham pasti akan ngurangi dan menyadari pasti akan nahan dengan sendirinya.

      Hapus

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox