- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Mengenal Keju Mozzarella

 Siapa yang suka sama keju?

Keju sering digunakan sebagai bahan makanan utama hingga tambahan dalam pengolahan makanan. Namun lebih sering keju kita jumpai sebagai topping pada olahan kue atau makanan. 

Jaman sekarang, keju yang umum dijadikan topping kue atau makanan adalah keju mozzarella. Pasti tahu kan? Biasa ada di pizza atau hidangan pasta, bahkan ada yang menambahkannya pada indomie, hmm, yummy sekali. 

Kenapa keju ini dinamai mozzarella, karena dalam pengolahannya 

Ilustrasi • source: detikfood

Keju mozzarella merupakan salah satu olahan keju, yang terbuat dari bahan dasar susu. Ya seperti keju-keju lain pada umumnya. 

Keju mozzarella berasal dari Italia 🇮🇹.

Terbuat dari bahan susu sapi atau susu kerbau. Jika terbuat dari susu sapi dikenal dengan mozzarella fior delatte sedangkan yang terbuat dari susu kerbau dikenal dengan mozzarella di bufala. 

Kenapa keju ini dinamai mozzarella, itu karena cara pengolahannya yang diputar dan dipotong. Dalam bahasa Italia 'mozzare' berarti memotong.

Keju satu ini punya tekstur yang lembut, liat, dan berkadar air tinggi. Biasanya dibuat dan dikonsumsi saat itu juga, namun bisa juga disimpan untuk jangka waktu tertentu dengan pengolahan tertentu juga. 

Keju ini berwarna putih, bisa juga kuning terang, ini tergantung dari susu yang hasilkan oleh sapi atau kerbau, dan ini bergantung pada apa yang dimakan oleh sapi dan kerbau itu sendiri.


Keju ini awalnya dikenal pertama kali dari daerah dekat Kota Naples, Italia. Awalnya dibuat dari susu kerbau, karena di sana banyak peternakan kerbau yang digunakan untuk membajak sawah. Ternyata keju ini pun dibuat secara tak sengaja. 

Mulai dikenal pada abad ke-12 dan mulai populer pada abad ke-18. 


Hmm, bahas bahan makanan ini jadi kepengen deh makan makanan olahan yang ada keju mozzarellanya. Hmm, apakah Miss Wiji bisa membuatnya? Coba nanti request resep yang ada keju-keju nya gitu, biar ada gurih-gurih gimana gitu. 

Sekian dulu sharing informasi tentang bahan makanan, semoga bisa menambah pengetahuan kita. Happy cooking. by SSDK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox