- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Bikin Bake Potatoes Mozzarella, Cemilan Saat Kepala Pusing

Tanggal tua, sangat² tua, sampai bikin kepala pening. Gak tahu juga sih ini pening kepala karena apa, karena soal kerjaan, penyakit atau memang psikologis karena melihat isi ATM sudah tak berisi, sedangkan kantung² kredit mulai membengkak.

Malam ini saya cuma makan paket nasi jamur yang dibeli tadi siang, ya paket paling murah, 5rb dapat jamur crispy plus nasi, dengan sambel bajaknya. Menu makan siang sama percis lalu saya copy-paste jadi menu makan malam.

Nah, setelah makan malam sangat sederhana itu, perut saya masih lapar. Liat di stok ransum masih ada indomie, tetapi kalau makan mie gak pakai telur gak enak, liat stok telur habis pula.

Ke dapur saya lihat stok kentang masih ada, terpikirkan buat cemilan seperti yang pernah dibuat mimin SSDK beberapa waktu yang lalu, menggunakan bahan dasar kentang dan diberikan saus gitu.

Nah, kali ini saya mau buat tiruannya, sausnya saya bikin sederhana saja, lihat stok di kulkas masih ada mozarella. Jadi saya buat cemilan sesederhana mungkin, berbekal oven elektrik pinjaman ini.

Bahan² yang disiapkan:
# Kentang 2 butir
# Mozarella secukupnya
# Minyak 
# Garam
# Blackpepper

Lalu bagaimana mengolahnya?

#1 Cuci bersih kentang dengan menyikatnya sampai semua kotoran tanahnya terbuang. Kebetulan saya pakai 2 jenis kentang, satu kentang lokal yang saya beli di pasar dengan kondisi kotor penuh tanah dan satu lagi kentang swalayan yang sudah bersih, hanya cukup menggosok sedikit kotoran hilang.

#2 Setelah itu rebus kentang untuk membuatnya agak lunak, rebus secukupnya. Saya rebus sampai air rebusan mendidih, lalu diamkan 10 menitan lah, supaya kentang agak empuk.

#3 Setelah itu angkat dan tiriskan, keringkan kentang dengan tissue. Setelah kering, saya buah kentang horizontal terlebih dulu menjadi beberapa sayatan, jangan sampai kentang terputus atau terbelah, lalu terakhir buat sayatan vertikal diantengay sayatan² horizontal tadi.

#4 Setelah itu berikan minyak goreng, baluri tubuh kentang dengan minyak goreng tadi hingga rata. Bisa juga menggunakan mentega, supaya lebih wangi.

#5 Setelah itu baluri dengan garam, hingga meresap ketiap sayatan² tadi, baluri dengan garam hingga merata. Lalu berikan blackpepper, baluri hingga rata.

#6 Panaskan oven terlebih dahulu sebelum proses pemanggangan. Setelah oven siap, masukan kentang yang sudah dimarinasi tadi ke dalam oven. Panggang dengan suhu 175°C selama 30 menit. Ini sih angka kira² saja ya, sesuaikan selera.

#7 Setelah itu, keluarkan kentang yang tadi, lalu berikan potong²an mozarella diantara celah² sayatan ditubuh kentang tadi, lalu kemudian masukan lagi kentang ke dalam oven dan panggang selama 5-10 menit, intinya sampai si mozarella itu lumer.

Hasilnya seperti yang bisa dilihat dicuplikan video singkat di atas ya, itulah hasilnya.


Kalau soal rasa ya standar kentang rebus panggang sih ya. Untuk memakannya bisa ditambahkan saus sambal atau saus tomat, ya enak disantap saat masih panas. Untuk sekedar jadi cemilan disaat hujan, boleh juga nih.

Oh ya ada catatan, jika senang dengan mozarella bisa berikan potongan mozarella lebih banyak, soalnya ketika mozarella sudah mencair itu tidak begitu banyak, mozarella itulah yang memberikan sensasi gurih dihidangan yang dibuat.

Segitu saja deh sharing kagabutan saya, ya semoga bisa menambah² postingan diakhir Maret ini, ini sumbangan dari saya ya. @cocoper6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox