- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Apa Itu Oncom?

Beberapa waktu lalu, ada resep kiriman yang menggunakan bahan yang bernama oncom. Tahu kah apa itu oncom?

Sebenarnya banyak sih yang sudah tahu apa itu oncom. Bahkan kata 'oncom' sering digunakan sebagai ledekan atau candaan atau 'ngatai' orang lain yang berarti 'bodoh'. "Dasar oncom!"

Saya mau share aja informasi, apa itu oncom. Untuk siapa tahu ada calon-calon cheff muda yang mau menekuni dunia masak memasak. 

Oncom merupakan bahan makanan, yang dibuat dengan teknik fermentasi, memanfaatkan mikro organisme. 

Oncom merupakan makanan asal Jawa Barat, Indonesia. Orang Jabar sangat kenal dekat dengan bahan makanan satu ini, karena harganya yang relatif terjangkau.

Bahan makanan ini baru jadi setelah mengalami proses fermentasi oleh kapang. Seperti olahan tempe pada kedelai sebagai bahan dasarnya. 

Pembedanya adalah, pada oncom ini dikatakan telah jadi oncom setelah kapang menghasilkan spora. Sedangkan pada tempe, mulai siap dijual sebelum kapang menghasilkan spora (masih hifa). 

Kalau tempe terbuat dari kedelai, oncom terbuat dari bungkil kacang tanah dicampur ampas singkong atau tepung singkong. Ada pula yang dibuat dari bungkil tahu.

Bungkil sendiri sebenarnya istilah untuk ampas atau sisa. Kalau bungkil tahu adalah ampas dari kedelai yang telah diambil proteinnya dalam proses pembuatan tahu. Sedangkan bungkil kacang tanah, merupakan ampas dari kacang tanah yang telah diambil minyaknya atau telah melewati proses ekstraksi. Meski begitu keduanya masih mempunyai kandungan nilai gizi yang cukup untuk dikonsumsi. 


Ada dua jenis oncom, yaitu oncom merah (menggunakan bahan bungkil tahu) dan oncom hitam (menggunakan bahan bungkil kacang tanah). Yang membedakannya selain warna adalah kapang yang digunakan untuk memprosesnya. 

Oncom merah dilakukan oleh kapang Neospora sitophila sedangkan oncom hitam oleh kapang tempe Rhizopus oligosporus.


Oncom bisa diolah menjadi bahan menu masakan. Bisa juga diolah dengan langsung digoreng seperti tempe. Bisa juga jadi campuran sambal. Bisa juga jadi bahan isian untuk makanan yang bernama comro atau biasa disebut combro (oncom dijero). 

Nah singkat saja ya bahas soal oncom, lebih jelasnya mampir Wikipedia ya. Tinggal klik saja linknya. 

Semoga bisa menambah pengetahuan, kita memang tahu tapi ilmiahnya seperti apa kita pun perlu sedikit tahu, oke. Kali ini admin blog Warna Warni Dunia Kita numpang ngepost di gaksukalapar.id. SSDK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox