- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Ayam Tepung Teriyaki Brokoli + Soup Cream Ayam Instan

Menu kali ini saya buat hanya dibantu dari bumbu saus teriyakinya punya Saori. Kebetulan cek² distok ransum bumbu itu masih ada, jadi cobalah buat pakai itu. Hampir serupa dengan menu sebelumnya yang pakai saus mentega.

Kalau kali ini bumbu bamer dan baputnya saya cacah halus pakai 'spinning choper', produk dari market place yang pernah saya beli beberapa waktu yang lalu.


Bahan² yang diperlukan:
# Daging ayam fillet bagian dada secukupnya
# Bawang merah
# Bawang putih
# Brokoli
# Cabe merah
# Saori saus teriyaki
# Kaldu jamur
# Garam
# Tepung bumbu ayam goreng Sasa
# Cream soup instan rasa ayam
# Ketumbar
# Lada

Pertama-tama saya marinasi itu ayamnya, supaya gak bau amis atau apalah, soalnya ini ayam stok minggu lalu yang saya simpan di freezer, takutnya agak gak segar, jadi saya marinasi dulu pakai ketumbar, garam dan lada. Lalu saya diamkan selagi saya siapkan bahan lain.

Kedua saya siapkan brokoli, brokoli saya ambil secukupnya, saya bagi dua, untuk tumis bareng ayam dan untuk cream soup, ya supaya ada hijau² nya gitu.

Untuk bawang merah dan putihnya dipotong kecil lalu masukan ke 'spinning choper', supaya jadi potongan halus, supaya jadi bumbu gurih gitu pas ditumis dan setelah dicampur dengan bahan lain.

Setidaknya itu yang perlu dilakukan sebelumnya, jadi siapkan semuanya supaya pas masak tinggal srang-sreng gitu deh.

Ini dia dokumentasinya, saya buatkan dalam bentuk video singkat saja, gak dengan foto.


How to cook?
#1 Siapkan tepung bumbu ke dalam mangkuk, lalu masukan potongan ayam fillet yang tadi habis dimarinasi, tepungi ayam² tasi hingga merata. Setelah itu goreng hingga matang kekuningan, gak perlu terlalu crispy, cukup kekuningan angkat dan tiriskan.

Ini dia saat ayam fillet yang telah ditepungi digoreng terlebih dahulu, supaya ada sensasi crispy gitu.

#2 Panaskan wajan dan minyak secukupnya untuk menumis. Ini kita memulai untuk memasak menu utamanya. Tumis bamer, baput dan cabe merah yang sudah dirajang tadi ke minyak panas, lalu tumis.

Ini dokumentasi sewaktu numis awal², begitulah kira², wangi bamer dan baput selalu menggoda

#3 Setelah wangi, masukan air secukupnya, masak hingga mendidih, lalu masukan itu brokoli, rebus bersama, gak lama lalu masukan Saori saus teriyaki dan lalu aduk rata hingga berwarna kecoklatan. Biarkan masak hingga air agak berkurang.

#4 Masukan ayam fillet yang tadi pada poin 1 telah ditiriskan, masak bersama saus teriyaki dan brokoli yang tadi sedang dimasak, aduk ayam hingga merata. Lalu masukan kaldu jamur, garam, lada dan gula secukupnya, pake ilmu kira². Aduk hingga rata, lalu koreksi rasa. Setelah pas, angkat dan taruh dimangkok saji.

#5 Masak cream soup instan, siapkan panci kecil, tuang air bersih secukupnya, lalu tuangkan cream soup instan, aduk rata. Lalu mulai panaskan di atas kompor. Masak hingga mendidih, lalu masukan brokoli, aduk rata masak hingga mendidih dan agak mengental, lalu angkat dan siap disajikan.


Kira² begitulah saya menyiapkan menu makan malam saya kali ini. Ya simpel sih buat saya, soal rasa ya okelah, saya bisa habiskan banyak nasi dengan menu makan malam saya kali ini.

Segitu saja catatan sumbangan saya admin Naturality Channel untuk gaksukalapar.id, gantian sekarang saya juga ikut share dengan akun Naturality Channel. Semoga bisa menambah catatan dibulan April 2022 ini. Sampai jumpa dicatatan soal masak-memasak lainnya. @cocoper6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox