- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Bolu Resep Nyokap, Takaran Kira²

Sejak kecil saya beruntung punya mama 👩 yang bisa masak, juga bikin kue² ya setidaknya walau sederhana, sekedar bolu bisalah. Bolu original buatan nyokap itu selalu saya suka. 

Biasanya mama buat bolu itu kalau mau ada acara doa lingkungan di rumah, nah saya paling suka itu ngemilin bolunya.

Sekarang saat saya sudah bisa mencoba berkreasi buat jajanan, saya juga coba belajar dong buat bolu yang biasa mama buat. Ternyata bolu buatan mama itu resepnya hanya kira² dan insting, ketika ditanya berapa takarannya beliau bingung memberikan resepnya, alhasil bolu yang dibuat dan saya posting pada catatan kali ini agak gak sempurna, banget gitu deh rasanya, secara fisik si oke, tapi tastenya seperti bantet, karena mentega cairnya kurang banyak. 


Oh ya, bahan² apa saja yang perlu disiapkan? 

Apa yang disebutkan di sini semua adalah kira² ya, sobat gaksukalapar.id tidak disarankan menggunakan resep ini ditakutkan mengalami kegagalan, kecuali sudah pernah eksperimen jadi bisa 'meraba-raba'. 

Saya sengaja catatatkan untuk mengingat saja sih dan sekedar sharing gitu, tapi bukan untuk dicoba kan, karena resepnya ini masih belum 'berhasil'. 

Bahan² yang perlu disiapkan:
# Telur 6 butir
# Tepung terigu 2 ons
# Tepung maizena 5 sendok
# Susu bubuk 4 sendok
# Gula pasir 2 ons
# Baking powder 1 sendok teh
# SP 1 sendok teh
# Mentega cair 2 ons
# Kental manis secukupnya


Saya sebenarnya ada buat video dokumentasi nya, hanya saja mungkin kurang rapih ya editing dan pengambilan gambarnya, tapi itu saya ambil untuk jadi pengingat tiap proaesnya, supaya besok lagi buat batch kedua hasilnya lebih baik. 


Cara membuat:
#1 Adonan awal adalah kocok telur dan gula pasir terlebih dahulu. Untuk telurnya sebelum diruang ke wadah adon, pecahkan dulu di piring, untuk menyeleksi jika apes² ada telur yang berstatus busuk. Kocok adonan awal ini hingga adonan berwarna putih. Ngocoknya dengan mixer ya. 

#2 Setelah adonan putih dan kalis masukan SP ke dalam adonan dan kocok hingga rata. 

#3 Campur bahan² tepung: tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, baking powder, lalu bahan² tersebut disaring/ diayak lebih tepatnya, supaya jadi tepung halus, jangan ada gumpal²an.

#4 Ketika adonan poin 1 tadi sudah kalis dan putih maka masukan lah campuran tepung pada poin 2 tadi ke adonan dan aduk dengan mixer. Aduk hingga adonan tercampur merata, aduk terus, bantu menggunakan solat untuk membuat adonan merata. 

#5 Panaskan mentega hingga cair, mentega ini digunakan untuk campuran setelah adonan poin 1 dan poin 2 dicampur dan diaduk hingga rata. 

#6 Campurkan adonan yang sudah rata tadi dengan mentega cair secara perlahan, tidak perlu menggunakan mixer, tapi aduk menggunakan solat atau spatula. Aduk hingga merata ya, sampai semua adonan rata barulah siap untuk dituang dicetakan.

#7 Cetakan bolunya jangan lupa diberikan mentega dan terigu supaya tidak lengket. Jika sudah barulah adonan dituangkan ke cetakan dan siap untuk dipanggang di oven, bisa oven tungku maupun oven listrik. Pas ini saya pakai oven tungku, karena di rumah hanya punya ini. 

#8 Panggang bolu 45-60 menit, kira² intinya sampai bolu nampak ngembang lalu test tusuk aja untuk memastikan dia sudah matang apa belum. 


Hasilnya bisa dilihat seperti gambar yang penulis bagikan diawal tulisan tadi. Nampak cantik sih cuma rasanya saja agak bantet.

Sepertinya saya akan coba batch kedua nanti, dengan pakai oven elektrik, mau bedakan hasilnya seperti apa. 

Segitu saja deh sharing dari saya untuk nambah postingan di gaksukalapar.id, menambah jam terbang untuk membuat olahan² kue. @cocoper6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox