- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Catat! Biji Kopi Hijau Tidak Bisa Digrinder Biasa!

Akhirnya saya dapat jawaban, kenapa jarang menemukan olahan kopi hijau yang diolah seperti espresso atau V60 sejauh ini. Ternyata masalahnya ada pada karakter biji kopi hijau ini.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas tentang kopi yang tak selamanya hijau, ada ternyata kopi hijau. Apa itu, pernah saya bahas pada postingan saya sebelumnya, bisa dibaca ditautan postingan ini.


Kopi hijau adalah kopi yang tak mengalami proses roasting atau roasted, tidak dipanggang atau disangrai seperti kopi hitam pada umumnya, entah itu light roast atau yang bold, intinya si biji kopi ini tanpa melewati proses itu.

Oleh karena tidak mengalami proses itu, biji kopi masih punya kandungan air yang lebih banyak, karakter bijinya cenderung liat, tidak garing atau renyah seperti biji² kopi yang mengalami roasting.

Ilustrasi, gambar diambil dari Google.

Oleh karena liat, si biji kopi ini pastinya akan lebih sulit untuk dihaluskan, ditumbuk mungkin bisa saja, tapi hasilnya tidak akan bisa halus sekali, karena karakter biji kopi yang liat tadi. Andai pun mau digiling harus dengan alat giling yang full pressure dan sangat tajam dan sangat kuat, untuk ngimbangi keliatan si biji kopi ini.

Ini berdasarkan pengalaman saya, yang mencoba menghaluskan biji kopi hijau jadi seperti kopi bubuk pada umumnya.

Memang ada yang menjual kopi hijau sediaan bubuk, pastinya itu digiling dengan alat giling yang proper, tidak dengan alat giling rumahan seperti yang saya lakukan. Jika bisa pasti ada teknik tertentu dan saya tidak memahami itu.


Sejak saya tahu tentang kopi hijau, saya penasaran dan membeli biji kopi hijau ini. Kopinya datang dan saya coba grinding dengan grinder manual dan hasilnya gagal, grinder manual saya kalah dan mau gak mau saya berpikir, mungkin jika pakai grinder mesin bisa kali ya.

Saya coba datangkan grinder mesin rumahan, postingannya saya share dibawah ini.

Baca juga: Grinder Kova Sylus

Setelah saya punya grinder mesin, saya langsung lakukan percobaan untuk buat seduhan kopi hijau dengan bantuan grinder untuk membuatnya menjadi bubuk kopi.

Saya coba biji kopi hijau, saya timbang 15 gram. Lalu saya masukan ke grinder yang saya miliki.

Alhasil grinder saya jadi macet, gak bergerak sama sekali. Setelah saya buka dan cek pada bagian burr nya, ternyata di sana ada nyangkut biji kopinya, kaya kejepit. Saya coba lepaskan dan bersihkan sulit karena terjepit, saya amati karakter biji kopi ini sangat liat sekali, jadi bener² kejepit dan sulit sekali melepaskannya dan membersihkannya.

Saya gunakan beberapa alat seadanya, jarum dan palu, jadi saya coba pecahkan sedikit demi sedikit itu biji kopi yang menjepit mata grindernya, supaya gak mengunci, gak mudah, karena biji kopinya cukup liat. Walau pakai palu itu hanya alat bantu untuk mengikis/ melubangi si biji kopi agar pecah atau terbelah.

Butuh waktu +- 30 menit untuk membereskan masalah kemacetan grinder ini, hingga akhirnya berhasil.

Karena masih penasaran, saya coba lagi grinding pada percobaan kedua dan hasilnya sama, grinder macet lagi. Lagi² saya berjuang buat membereskannya, waktunya juga gak singkat, sampai nyaris putus asa.

Pada akhirnya bisa dibereskan dan saya katakan bawah fixed biji kopi hijau ini tidak bisa digrinder dengan cara yang biasa, perlu alat tertentu yang lebih proper.

Itu kenapa saya buat postingan ini sekaligus nge-share supaya jangan ngalami seperti saya ini.

Alhasil biji kopi hijau kali ini belum bisa saya manfaatkan sesuai yang saya inginkan. Saya akan cari cara lain bagaimana nanti.


Untuk dokumentasi sayangnya tak sempat melakukannya karena terlalu fokus membereskan masalah grinder macet sampai 2x. Bayangkan masa iya, grinder baru beli beberapa hari langsung macet begini.

Oh ya, setelah saya perbaiki, saya coba giling biji kopi roasted hasilnya normal, grinder tetap bisa digunakan normal. Itu artinya bahwa fixed grinder rumahan gak bisa buat giling biji kopi hijau atau kopi non roasted.

Baiklah segitu saja share saya, semoga bermanfaat dan bisa jadi panduan yang lain kalau kopi hijau itu gak bisa digrinder secara biasa. -cpr-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox