- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Kopi SKM by Top Coffee "Toraja"

Akhirnya baru bisa sempet nyoba bikin kopi dari bahan yang ada, kebetulan saya kemarin beli Top Coffee Toraja, kopi bubuk asli. Nah baru bisa nyoba malam Minggu ini, pas kebetulan gabut.

Baca juga: TOP Coffee Toraja

Cuma kali ini saya gak nyoba kopi hitamnya, tapi saya coba buat "kopi susu" tapi 'susu' nya pakai 'susu palsu' dari kental manis.

Kental manisnya saya pakai dari punya Indomilk, kemasan 37 gram. Semuanya saya pakai, biasanya kalau pakai 15-20 gram itu manisnya seperti kurang, jadi ini eksperimen saya tuang semuanya satu sachet itu.


Baiklah kita mulai saja, oh ya untuk bahan dan alat² nya kalian bisa lihat dokumentasi saya di atas tadi ya. Jadi kali ini saya brew kopinya dengan metode V60. Kebetulan tools V60 yang saya pakai ini jenisnya metal SS, jadi tanpa perlu menggunakan kertas filter khusus kopi.

Berikut ini beberapa takaran yang saya gunakan untuk nge-brew "kopi kental manis" by Top Coffee Toraja:
- SKM 37 gram (1 sachet)
- Kopi 10 gram
- Air panas 150 gram, suhu 90°C


Untuk seduhnya saya gunakan 3x seduh, @30 menit untuk tiap kali seduhan. Total sampai selesai ekstraksi itu saya pakai waktu 2 menitan kurang lebih.

Hasilnya seperti apa?

Untuk hasil seduhannya itu menurut saya mild, ya cenderung encer ya kopinya, kurang tebal. Sayangnya saya juga gak nikmati rasa kopi hitamnya, jadi mungkin lain kali saja saya review ya.


Kemudian setelah brew time selesai, saya aduk itu kental manis di dasar dan kopi di atasnya supaya tercampur merata. Hasilnya adalah seduhan coklat yang harumnya tercium aroma "kopi susu".


How taste?

Ternyata dengan 37 gram kental manis, membuat si kopi jadi hilang pahitnya.Tapi after taste si kopinya masih ada sedikit sekali sih.

Kopi Toraja itu jenisnya yang umum adalah Arabika. Tapi kebetulan Top Coffee yang saya pakai ini merupakan campuran antara robusta dan arabika.Nah seduhan kopi kental manis ini menghilangkan cita rasa arabikanya, itu sih yang saya rasain. Memang pas sruputan terakhir pas sudah dilidah, after taste nya ada sedikit 'rasa kopi' nya, tapi langsung hilang.

Ya kalau buat seduhan² untuk teman ngobrol okelah, bisa disajikan kalau ada tamu, bisa jadi pilihan menu minuman buat tamu. Penyajiannya juga mudah kan, tidak makan waktu lama, paling lama ya 5 menit saja, itu pun sudah langsung tersaji di meja, tapi untuk satu cangkir, kalau mau lebih ya tinggal perbandingan kopi dan air ya disesuaikan ya.

Begitu saja sharing saya malam ini, kopi kental manis by Top Coffee Toraja. Meskipun saya tidak bisa berikan review taste kopinya Top Coffee ini, gak masalah, tapi secangkir kopi kental manis bisa tersaji menemani malam Minggu saya.

Sampai jumpa dipostingan saya lainnya, masih gak jauh² bahas soal kopi. Salam buat sobat gaksukalapar.id, happy cooking for your family.-cpr-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox