- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Jajal Buat Minuman Kopi Americano

Kali ini saya lagi mau iseng buat minuman kopi yang sering dibuat di kedai² kopi, ada sebutan "Americano Coffee". Apa itu?

Nah kalau yang saya cari tahu, minuman kopi yang disebut amerikano ini adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan satu seloki espresso dengan air panas. Nama dari kopi ini pada awalnya merupakan ejekan bagi orang-orang Amerika yang meminta minuman espresso mereka dibuat lebih encer.

Nah kali ini dengan alat pembuat espresso yang saya punya, saya mau buat "Americano Coffee". Untuk bahan² yang saya miliki ini pakai kopi seadanya yang saya punya ya. Soalnya belum mampu untuk beli beragam kopi brand lain.



Bahan² yang saya perlukan bisa dilihat didokumentasi di bawah ini ya:


Oh ya, sedikit informasi sedikit, konsep untuk membuat "Americano Coffee" ini adalah, espresso dicampur dengan air panas. Untuk yang saya buat ini saya mengikuti konsep: saya buat terlebih dulu espresso nya, baru kemudian ditambahkan air panas.

Oke kalau begitu mari kita buat "Americano Coffee". Oh ya, untuk proses pembuatan espressonya tidak saya dokumentasikan detail ya, karena sama saja seperti video saya sebelumnya sewaktu trial nyoba steam pot espresso trial ke-2, seperti video di bawah ini. Yang membedakan saya menggunakan takaran bubuk kopi sebanyak 10 gram kurang lebih.


Untuk espressonya saya buat pakai moka pot, prosesnya ya seperti biasa, seperti divideo youtube yang pernah saya posting, coba klik di sini, secara umum sama.

Dari situ saya punya stok espresso beberapa shot. Untuk buat Americano ini saya butuh single shot, 31ml. Lalu saya tambahkan air panas -+ 70°C sebanyak 102ml.

Espresso nya ketaker single shoot, di sini kena 31ml.

Saya tambahkan air panas sebanyak 100ml, di sini ketaker 102ml +-.

Hasilnya seperti yang bisa dilihat didokumentasi saya di awal postingan ini ya.

Untuk rasanya gimana?

Buat saya sih mild banget, ya encer banget. Ya mungkin karena saya buat dari 10 gram kopinya, jadi kurang gimana gitu. Ya setidaknya bisa jadi catatan saya lain kali buat Americano lagi, saya tambahkan kopinya lebih banyak.

Segitu saja deh sharing saya kali ini, ngulik nyoba buat Americano Coffee dengan barista tools manual yang seadanya ini. Sampai jumpa dipostingan saya lainnya. -cpr-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox