- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Gagal Buat Latte Art

Nonton video YouTube tentang gimana buat latte art itu kayanya gampang ya.  Tapi ketika nyoba sendiri hasilnya malah jadi kopi susu.

Kalau dari yang saya amati, untuk membuat hidangan coffee latte itu ada tiga tahapan, yang pertama ya buat espressonya dulu, kedua adalah pembuatan steam susu yang 'sempurna', dan ketiga membuat dekorasi latte artnya.

Ilustrasi proses pembuatan latte art, gambar diambil dari Google.

Proses yang saya lakukan ini baru berhasil pada tahap pertama saja. Pembuatan espresso yang saya lakukan menggunakan mokapot, jadi memang hasilnya bukan murni espresso, hanya nampak seperti espresso. Karena saya tak punya mesin khusus untuk itu.

Kemudian yang kedua itu proses steam susu yang saya lakukan salah, makanya susunya jadi tidak 'sempurna'.

Sebenarnya YouTube pun kasi tutorial buat steam susu tanpa menggunakan alat, dan berhasil juga nyatanya. Berarti ada yang salah pada saya saat mempraktekannya.

Yang saya lakukan kemarin:
Susunya ini tidak saya panaskan langsung, tetapi menggunakan wadahnya lalu saya rebus. Suhu yang digunakan ya dikisaran 80°C lalu saya angkat dan lanjut difrother.

Namun saat difrother  itu hasilnya ternyata tak berubah, ya susunya tetap begitu² saja, malah jadi susu kocok kali ya.

Pada akhirnya ketika dituangkan ke espresso jadilah kopi susu dan ketika mau dikreasikan, susunya malah encer sekali, fixed failed.


Saya akan tetap mencoba lagi sebelum saya dapat membeli unit mesin espresso yang tersedia tools steamnya. Selama saya belum berhasil berarti jangan datangkan unit mesin dulu.

Catatan ini sengaja saya buat untuk pengingat bahwa pernah dalam proses kegagalan ketika pertama kali mencoba membuat latte art. 

Update berikutnya akan saya share pada postingan berikutnya. -cpr-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox