- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Sop Bumbu Instan "Racik" Tahu Misoa Kornet

Melanjutkan recook bahan² instan yang ada di lemari ransum, saya lihat ada juga bumbu Racik sop masih ada dan belum terpakai.  Terpikir lah, gimana kalau lauk makan kali ini sop lagi aja deh.

Sekalian merevisi  hasil sop yang buatan hari Minggu yang lalu, agak keasinan. Jadi berbekal 'kelemahan' racikan yang lalu, kali ini coba merevisinya siapa tahu bisa lebih pas lah gurihnya.

Karena hasil evaluasi masakan sebelumnya, kenapa bisa asin itu, dugaan awal karena saya gunakan bumbu raciknya terlalu banyak, sachet isi 20 gram saya pakai semua untuk air kaldu yang gak terlalu banyak, hanya untuk 2 porsi. Hal lain itu karena si misoa nya itu juga sudah gurih, cenderung asin malah.

Apa saja bahan² yang saya punya kali ini, coba saya sebutkan di bawah ini ya.
# Tahu susu, saya pakai 3 potong tahu
#  Wortel
# Kol
# Buncis
# Seledri
# Kornet
# Misoa

Itu salah¹ bahan² yang saya pakai, jelaskan itu bumbu Indofood Racik Sop.

Itu dia misoa yang saya pakai, dapat oleh² beberapa waktu lalu dari Cirebon. Menu kali ini saya pakai hanya 2 pcs saja, satu kemasan kalau gak salah isi 6 pcs atau 5 pcs.

Sepertinya itu saja yang saya miliki untuk bahan buat sop instan. Seperti yang tadi sudah saya sebutkan di atas, saya pakai bumbu Racik Sop yang biasa dibeli di warung².

Proses memasaknya ya sama saja seperti yang saya lakukan dihari Minggu kemarin.

#1 Sayuran bahan sopnya saya potong kecil², untuk wortel, buncis dan kolnya saya rajang supaya jadi kecil². Lalu cuci semua bahan biar bersih lah. Sembari itu, panaskan air bersih, panaskan hingga mendidih.

#2   Setelah air mendidih, pertama-tama saya masukan wortel 🥕 karena kan saya gak seneng yang keras², jadi wortel dapat jatah nyemplung duluan. Setelah kira² empuk, lanjut masukan kol, lalu lanjut masukan buncisnya.


#3 Masak dan aduk hingga rata, setelah sudah mulai keruh, masukan itu kornetnya. Aduk rata biar bercampur, supaya kuah sopnya berasa ada daging² nya.

#4 Setelah itu masukan tahu dan rebus bersama sayuran tadi .

#5   Setelah itu masukan itu bumbu racik sopnya. Kali ini saya hanya gunakan separuhnya 10 gram saja yang saya pakai. Supaya gak terlalu asin, karena asinnya sudah dibantu dari misoa nya.

#6 Untuk tambahan gurih² kaldu, saya bantu tambahkan Masako kaldu sapi, garam dan gula sedikit, dan tambahkan lada bubuk juga, supaya  kerasa ini sop.


#7 Aduk hingga rata dan koreksi rasa, dirasa cukup dan sudah lezat, angkat deh. Lalu siapkan tuangkan kuah panas itu ke misoa, biarkan beberapa menit lalu baru disantap.

Hasilnya seperti apa? Bisa dilihat didokumentasi yang saya bagikan di bawah ini.


Memang kali ini tidak terlalu asin, gurihnya pas dan lebih enak disantap soto yang kali ini.

Nikmat disantap bersama nasi putih panas. Lezat deh sop kali ini, ya lebih baik dari yang pertama buat. Kedepan masih akan buat lagi, karena bahannya masih ada, mungkin nanti akan saya tambahkan bahan lain apa gitu, biar campur² jadi ramai 😅.

Segitu saja deh sharing saya untuk gaksukalapar.id, ya siapa tahu ada yang iseng² juga kaya saya ini, bisa ikut komentar.

Happy cooking with your family. Salam, gaksukalapar.id. -cpr-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox