- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Mengenal Tumbuhan Genjer

Kemarin, admin gaksukalapar.id ada ngepost resep tumis genjer. Nah, apa kalian tahu apa itu genjer? Kalau genjer ayam tahu kan. Nah tapi yang ditumis bukanlah itu, ini adalah salah satu jenis tumbuhan.

Mau tahu? Mari kita cari tahu, apakah tumbuhan genjer ini. Informasi admin peroleh dari browsing.

Genjer atau dikenal juga dengan sebutan Kelayan, merupakan tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Biasanya ditemukan bersama dengan tumbuhan eceng gondok.

Tumbuhan genjer yang ada di alam, tumbuh liar dianggap sebagai gulma jika tumbuh tak terkendali

Dunia internasional menyebutnya limnocharis, sawah-flower rush, sawah-lettuce, velvetleaf, yellow bur-head, cebolla de chucho.

Tanaman ini mempunyai nama ilmiah Limnocharis flava, punya klasifikasi ilmiah sebagai berikut:
Divisi: Tracheopyta
Upadivisi: Spermatophytina
Klad: Angiosperms, Monocot
Ordo: Alismatales
Famili: Alismataceae
Genus: Limnocharis

Di alam, tanaman ini dapat tumbuh hingga setengah meter. Tanaman ini sebenarnya dianggap sebagai gulma. Tanaman ini sendiri tidak dibudidayakan, hanya dimanfaatkan dari pengendalian agar tidak menjadi hama. Dimanfaatkannya dengan menjadi sumber sayuran untuk dimasak.

Seling disalahkaprahkan genjer termasuk ke dalam paku-pakuan, padahal tidak begitu, genjer ini bukan termasuk ke dalam tanaman paku. Itu pemahaman yang salah.

Genjer ini dikenal sebagai lauk sayur orang miskin, yang dipopulerkan melalui lagu oleh seniman asal Banyuwangi. Masyarakat kita sering memanfaatkannya dengan menjadikan lauk makan, dengan menyajikannya ditumis.

Baca juga: Tumis Genjer

Meski begitu, genjer ini dipercaya mempunyai banyak khasiat seperti meningkatkan stamina tubuh, melancarkan pencernaan, menguatkan tulang dan gigi, membuat kulit awet muda, menambah nafsu makan, mengatasi anemia, mencegah penyakit kanker dan jantung.

Ya segitu saja informasinya ya, itu saya peroleh dari Wikipedia Indonesia dan beberapa artikel pendukung lain. Sekedar tahu ya, jika ingin lebih mendalami bisa hunting informasi lebih dalam lagi. Sekian dulu ya, salam. SSDK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox