- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Menu Makan Malam Ini, Mode Ikutan Buka Puasa

Hari ini adalah puasa pertama, Ramadhan 2023 untuk kerabat yang beragama Muslim. Meskipun saya gak ikutan merayakan hari raya ini, tapi suasananya jadi terbawa.

Jadi hari ini saya salah tanggal, dikirain hari ini sudah tanggal 24/3, ternyata masih 23, sedangkan dicatatan saya tanggal 24 saya makan kantin. Ternyata karena salah tanggal jadi hari ini gak ada jatah makan untuk saya. Alhasil hari ini saat makan siang saya hanya gigit 'roti'.

Ya beruntung ada rekan kerja yang memberikan ganjalan perut, sebungkus roti Aoka. Meskipun gak kenyang, tapi lumayan untuk membohongi cacing², ditambah beberapa teguk gelas air mineral.

Alhasil laparnya bukan main. Sebelum jam pulang kantor, saya ingat² di rumah itu stok ransum ada kentang. Hmm, terpikir sudahlah nanti pulang buat menu andalan. Kebetulan ada sosis juga masih ada stok di kulkas. Pas hari ini sore hujan, jadi kayanya enak yang hangat². Jadi sepulang kantor saya mampir beli cream soup instan andalan.

Jadi kira² masak apa untuk makan malam ini?

Kentang Telur Sosis Cabe Garam + Cream Soup Jamur #instantmamasuka



Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
✓ Bawang putih 4-5 pcs ukuran sedang
✓ Cabe rawit 3 pcs
✓ Kentang 3 butir ukuran sedang
✓ Sosis 1 lonjor
✓ Garam secukupnya
✓ Lada secukupnya
✓ Kaldu jamur secukupnya ex.Totole
✓ Cream Soup Jamur ex.Mamasuka

Untu yang senang pedas, bisa tambahan taburan boncabe di atas cream soupnya. Selamat menikmati sajian berbuka.


Proses memasaknya:
1. Kentangnya ini dipotong dadu dulu, dikupas dulu kulitnya ya, lalu potong dadu dan goreng hingga renyah. Kebetulan kali ini gorengnya kegosongan, jadi ya diluar ekspektasi sih, tapi gak masalah.

2. Bawang putihnya itu dirajang, nah saya ini biasa pakai manual Chopper, macam gangsing itu lho. Supaya dapat tekstur course gitulah kira².

3. Cabenya juga dipotong kecil, ya saya gunakan gunting aja motongnya lebih praktis.

4. Sosisnya juga dipotong kecil, saya gunakan gunting juga supaya praktis.

*teknik ini jangan ditiru ya, agak mainstream, maklum lah cowo males ribet ya begini ini.

5. Setelah poin 1 s/d 4 ini ready, kita siapkan untuk menumis dan membuat menu utamanya ya. Panaskan minyak goreng, setelah cukup panasnya untuk menumis, kebetulan ini terlalu banyak masukan minyak, jadi pertama saya goreng itu sosisnya dulu, habis itu sosisnya agak cruncy, selanjutnya saya masukan telur, saya buat orak-arik. Masak hingga telur setengah garing, lalu angkat dan tiriskan si sosis dan telurnya.

6. Nah ini lanjut baru menumis bawang putihnya, tumis hingga wangi, sekalian itu cabe rawit rajangnya dimasukan, supaya ada wangi² nya, ya setidaknya bisa bikin bersin² hidung lah.

7. Selanjutnya, masukan itu si sosis dan telurnya yang tadi ditiriskan pada poin 5. Gosrang-gosreng sejenak hingga rata, lalu masukan kenyang dadu yang tadi pada poin 1. Kemudian aduk hingga merata ya.

8. Masukan garam, lada dan kaldu jamur, aduk rata dan koreksi rasa, target rasanya itu gurih² gimana gitu. Karena biasanya sih saya buat menu ini ya pasti sensasinya gurih. Setelah dikira cukup, koreksi rasa sudah oke, angkat dan tiriskan, siap untuk disajikan.

9. Selanjutnya ya masak cream soup instan. Kalau ini gak perlu dibuat step by step, karena instan semuanya bisa dengan mudah dibuat, siapkan wadah untuk memasak, isikan air 2,5 gelas atau kali ini saya buat kental untuk 2 porsi, saya gunakan 550ml saja airnya. Lalu kemudian masukan bubuk cream soup instan, lalu aduk hingga rata, masak pada nyala api, masak hingga mendidih, aduk hingga rata, hingga si cream soup ini menjadi kental. Setelah mendidih, angkat dan siap disajikan.

Begitulah kira² proses yang harus saya lakukan sebelum menyantap menu buka puasa pada puasa pertama Ramadhan tahun 2023 ini.

Saya bisa sajikan ontime karena kebetulan adik saya ada di rumah, jadi untuk kentang dan bawang putih sudah dikerjakan duluan, jadi pas saya datang pulang kantor itu tinggal langsung numis dan buat cream soup, jadi cepat selesai bisa on time pas wayahe berbuka.

Kira² begitulah menu buka puasa pertama ditahun 2023 ini. Bagaimana dengan menu berbuka puasa pertama kalian ditahun ini, bisa share juga dikolom komentar ya. Sampai jumpa dipostingan lainnya, bye. -cpr-

2 komentar:

  1. Waduuh..jadi ga dapet jatah rangsum yaa...itu mirip-mirip tahu cabe garem itu kayaknya yaa...pasti enaklah wong pake sosis tambah manteb...
    Menu berbuka saya minuman cincau daun yg ijo dan otak"ikan..menu makan nasinya orek buncis telur,dan goreng ikan aja😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantabs itu, cincau nya itu menggoda sekali rek ... #mao

      Hapus

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox