- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Sunday Menu: Tumis Kangkung Instan, Nasi Tempe Bumbu Telur Asin Instan

Niatnya itu sebenarnya bikin tempe nasi saus telur asin, eh ternyata gagal malah jadinya nasi gurih, ala² nasi mandi gitu.

Untungnya ada tumis kangkung yang membantu menu makan malam ini jadi lebih nikmat dan mantab, sampai saya harus kekenyangan, full tank.


Menu makan malam dihari Minggu ini adalah Nasi Tempe Bumbu "Saus Telur Asin" dan Tumis Kangkung, semuanya menggunakan bumbu instan. Maklum saya mengejar kepraktisan karena harus berbagi malam dengan mengerjakan bahan meeting bulanan.

Bahan-bahan yang harus saya siapkan:
¥ 2 iket kangkung segar
¥ Bawang merah
¥ Bawang putih
¥ Cabe rawit
¥ Bumbu Racik Tumis Kangkung
¥ Bumbu Saus Telor Asin Royco
¥ Lada
¥ Tempe
¥ Tepung Bumbu Crispy
¥ Nasi sisa semalam


Ya kira² itulah bahan² yang saya miliki jadi nanti saya akan masak dua sesi, yang pertama untuk tumis kangkungnya dan kedua untuk nasi gurihnya, yang tadinya mau buat nasi saus telor asin malah gagal jadi seperti nasi mandi.

Mari ikuti prosesnya hingga jadi seperti yang ada didokumentasi di atas tadi:

#1 Tempenya saya olah dulu, tempe papan itu saya bagi dua, 70% dibuat tempe tepung bumbu crispy spicy dan 30% potongan lain saya buat potongan dadu lalu diberi tepung crispy spicy juga. Goreng sampai cruncy.

#2 Kangkungnya ya dipotong, diambil daun dan batangnya sesuai selera, lalu cuci bersih.


#3 Bawang merah, putih dan cabe rawitnya itu dirajang saja, untuk menumis soalnya, ya sama itu ketiganya saya bagi, 70:30, untuk tumis kangkung dan untuk menu coba² yang akhirnya gagal.


#4 Setelah poin 1-3 siap, saya mulai dulu untuk menumis kangkungnya. Biasanya untuk tumisan kangkung ada banyak bahan tambahan, ya tomat saja gak ada, jadi ya seadanya ini saja. Kebetulan kita pakai bumbu instan jadi ya dianggap bumbu pendukung ada di sana, bawang merah dan putih segarnya tetap saya sediakan untuk menampakan bahwa ini tumis kangkung.

Tumis dulu bawang merah, putih dan rawit rajang tadi, tumis hingga wangi, lalu kemudian masukan kangkung yang sudah siap dimasak dari poin 2 tadi. Kemudian aduk hingga rata, kemudian masukan air secukupnya sesuai selera.


Masak hingga mendidih ya dan kira² mau agak lagi, masukan itu bumbu racik tumis kangkung. Aduk rata dan koreksi rasa, jika kurang gurih ya tambahkan garam, intinya ini koreksi sesuai selera.

Setelah cukup, panaskan lagi sebentar dan aduk rata lalu angkat dan siap untuk disajikan.

#5 Selanjutnya ini saya ada kegagalan, akhirnya menu kedua ini jadi nasi mandi bumbu telur asin, plus tempe.


Prosesnya ini, pertama saya tumis jatah 30% bawang merah, putih, rawit tadi, osrang-osreng, saya tumis pakai mentega ya gak pakai minyak. Kemudian sudah wangi, saya masukan itu si tempe tepung crispy dadu tadi.


Nah seharusnya di sini saya itu masukan air sedikit dan bumbu instan saus telor asinnya, supaya itu ada melted saus telor asinnya.

Saya malah masukan itu nasi seperti masak nasi goreng, aduk², baru saya masukan itu bumbu instan saus telor asinnya, yang ada malah jadi seperti nasi gurih atau nasi mandi. Ya hasilnya seperti yang bisa dilihat didokumentasi.

Karena sudah kadung salah, saya lanjutkan memasaknya, saya masak seperti membuat nasi goreng, tambah² rasa sesuai selera, koreksi sana-sini, setelah dirasa cukup angkat deh. Iya di sini saya tambahkan lada untuk bantu ada rasa gurih² ala² nasi mandi gitu, kan ada khas rempahnya gitu lah kira².


Begitulah kira² proses pembuatan menu makan malam saya kali ini. Agak absurd, tapi okelah semuanya bisa dimakan dan saya kekenyangan malam ini, nyaris malas untuk buat atau ngerjain laporan buat bahan meeting bulanan.

Kalau kalian, bagaimana menu makan malam dihari Minggu ini?

Segitu saja deh share dari saya, semoga bisa menambah list postingan di gaksukalapar.id, kreasi rumahan yang gagal sih ini, tapi untungnya masih bisa kemakan dan kenyang. Sampai jumpa dipostingan lainnya lagi. -cpr-

2 komentar:

  1. Walaupun gagal tetap jadi makanan, kecuali bikin bahan bangunan bakal gatot (gagal total)

    Saya makan nasi bebek madura plus bodrex flu dan batuk 🤧🤧🤧

    BalasHapus
  2. Saya demen yg modelan saos telor asin walau jarang buatnya,ya walaupun ga sesuai ekspetasi tapi buat rasa oke pan....

    Kebetulan malam ini saya makan mie ayam aja mas..maklum ujan,pesennya lewat gojek aja😀

    BalasHapus

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox