- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Masak Tongseng Kambing Batch #1

Ini masih melanjutkan cerita sebelumnya, dimana pada Idul Adha 2023 saya beruntung dapat berkat daging qurban, sekresek kambing.


Malamnya, saya dan teman seperjuangan nyate, ya itu pertama kali saya dan teman saya ini nyate. Batch #1 ya gagal, 15 tusuk sate beserta dagingnya terbuang tak bisa diselamatkan, hancur. Beruntungnya batch #2 langsung diperbaiki dan lumayan berhasil lah, setidaknya menghibur kegagalan pertama.

Nah hari ini, stok daging kambing ini masih ada, walaupun 65% beratnya didominasi tulang bagian kaki dan paha. Tapi lumayan lah, itu daging kambing, dan jika berada ditangan yang tepat pastilah akan jadi menu makan yang lezat sih.

Berhubung saya ini bukan orang yang tepat tapi mau belajar dan mencoba, jadi saya terpikirkan untuk membuat sesuatu dari bahan yang ada itu.

Terpikirkan menu tongseng kambing. Yups, inilah tongseng kambing batch #1 yang saya buat. Sayangnya ini batch #1 saya gak dokumentasi, karena semuanya serba buru², perut sudah lapar dan buru² deh pokoknya. Pulang kantor belum ganti baju, saya langsung terjun ke dapur.

Berbekal resep dari Google, saya mencoba membuat tongseng kambing buatan saya sendiri, batch #1. Biasanya pertama kali buat itu saya selalu gagal, apalagi ini pertama kalinya. Tapi saya harus mencoba, kelak saya barangkali hidup sendiri, saya harus mampu dengan urusan beginian.

Masak apa kita?


Tongseng Kambing ala @cocoper6 Batch #1

Bahan yang saya gunakan berdasarkan resep yang saya peroleh dari Google, apa saja itu, saya jabarkan di bawah ini ya.

- 1 batang serai, geprek *beli
- 2 lembar daun salam *beli
- 3 lembar daun jeruk *ini saya ambil dari tanaman jeruk peliharaan
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm gula merah 
- 1 buah tomat, potong-potong *beli
- 10 cabai rawit merah bulat
- Jeruk nipis
- Garam
- Kaldu bubuk
- Lada bubuk

Bumbu lain yang saya butuhkan dan itu adalah bumbu yang dibuat halus, sbb.:

- 10 bawang merah
- 5 bawang putih
- 1 ruas jahe
- 1 jempol kunyit
- 1 butir kemiri
- 2 sdt lada butir


Kalian jangan tanya, resep seperti di atas itu untuk berapa kg daging, karena saya saja tidak tahu, jadi saya masak daging yang saya miliki saja. Entah nanti over seasoning saya tahu bagaimana hasilnya nanti setelah proses masak.

Lalu bagaimana proses masak yang saya lakukan? Secara umum seperti yang saya catatkan di bawah ini. Oh ya, untuk ibuk² atau mbak² yang berpengalaman dalam hal ini, mohon dibantu masukan dan koreksinya, atau punya resep lain bisa dibantu ya. Maklum ini calon bapak rumah tangga yang mencoba belajar mandiri, mohon didukung ya 🙏.

#1 Daging kambing yang ada di kulkas ini saya keluarkan, lalu saya pilih yang mau dimasak, kemudian cuci bersih dan kemudian saya marinasi dengan garam dan lada bubuk, ini saya lakukan untuk hilangkan amis saja sih.

#2 Kemudian saya siapkan bumbu halusnya. List apa saja yang diperlukan untuk bumbu halus itu saya jadikan satu, lalu saya blender biar halus.

#3 Setelah itu, siapkan wajan atau panci yang proper, karena kan ini tongseng pastinya berkuah. Dan direkomendasikan wadah yang bertutup, karena butuh diungkep saat proses pemasakan.

#4 Gunakan wadah masak tersebut untuk menumis bumbu halus tadi pada poin 2. Tumis bumbu halus tadi hingga wangi, kalau bahasa orang sini itu di 'gongso'. Setelah wangi dan harum semerbak.

#5 Mulai masukan daging ke dalam tumisan tadi, kalau ada tulang ya masukan opsional sih ya, karena nanti habis ini ditambahkan air, usahakan supaya daging terendam air. Setelah daging masuk, masukan air secukupnya, intinya supaya daging terendam.

#6 Kemudian biarkan dahulu sampai air mendidih atau setidaknya panas² gitu lah.

#7 Setelah itu, mulai masukan bahan² lainnya seperti :k manis, gula merah, garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk secukupnya, jika ingin agak pedas² lada bisa ditambahkan lebih.

#8 Aduk hingga rata lalu diamkan, tutup panci atau wajan tadi biarkan masak dengan api kecil ya, biarkan bumbu meresap ke daging dan biar empuk dan matang. Biarkan saja beberapa menit, sambil dicek, waktunya berapa lama saya tidak sempat menghitungnya sih, saya perkiraan dari kuah nya saja hingga agak mengental gitu, kaya biasa beli tongseng. Kalau waktu mungkin ya ini 10-15 menitan.

#9 Sebelum finishing, masukan tambahan seperti kol Suir dan tomat, masak sebentar dan lanjutkan dengan koreksi rasa.

#9 Koreksi rasa, kalau kurang gurih bisa tambahkan garam secukupnya, kembali sesuai selera. Setelah dirasa matang, angkat dan siap santap.


Tampilannya seperti apa, seperti yang dilihat didokumentasi di atas ya. Oh ya, pas review masakan tongseng buatan sendiri yang pertama ini saya sempet live IG.

How taste?

Hmm, rasanya enak joss. Buatan pertama saya ternyata diluar ekspektasi, batch #1 ini menurut saya sukses sih, rasanya mendekati dengan yang biasa saya beli, walau agak dikit manis, tapi pada akhirnya rasanya pas koq.

Kemudian dagingnya juga tidak terlalu bau prengus dan yang terpenting itu lebih empuk daripada tongseng yang biasa saya beli. Ini mantabs lah, jadi kalau nanti suatu waktu saya dapat daging kambing lagi, saya gak khawatir mau dimasak apa, karena ini sukses.

Saya sampai apresiasi dengan karya saya kali ini bener² sukses. Review saya terhadap santapan yang saya buat sendiri ini bisa dilihat di sini, link IG saya @cocoper6 (request follow jika ingin melihatnya #sotoy, maklum saya batasi soalnya ada spy kepo).

Satu si yang jadi catatan saya itu soal serehnya saya terlalu geprek keras, jadinya itu ambyar, agak mengganggu saat makan. Itu saja sih catatan menurut saya ya.


Ya begitulah kira² sharing bagaimana saya membuat tongseng kambing pertama saya dan berhasil.

Ya walaupun minim dokumentasi saat proses pembuatan, maklum ini awal jadi kaya repot dan ribet sendiri, jadi gak teratur buatnya. Mungkin kalau batch selanjutnya pas ada bahan lagi saya buat akan saya dokumentasinya.

Sampai jumpa dipostingan selanjutnya, salam gaksukalapar.id. -cpr-

2 komentar:

  1. Saya adanya daging sapi...kira"di buat krengseng cocok ga yah...bahan dan bumbu kayaknya 90 persen ada di dapur..tinggal kemiri dan jeruk nipisnya...kalo bisa mah kepingin juga ngolah daging sapi di apain gitu..biar ga bosen SOP apa rendang mulu

    BalasHapus
  2. Eh kok krengseng si...tongseng gitu..gegara baca judul postingan yg paling atas wkwkwkk😂🙏

    BalasHapus

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox