- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Jajan Emados Swarma, Suhat, Malang

Beberapa kali saya beli jajan di Emados, tapi belum pernah makan di tempat. Ya ingin buktikan, kaya di rumah makan Padang, kalau bungkus dan makan di tempat kan beda tuh porsinya, nah kalau di Emados gimana si.

Kebetulan saya memilih Emados yang di Suhat, Malang, saya sering ke sini karena di sini ada dua tempat jajan saya, Kebab Baba Rafi dan satu lagi itu krepes kesukaan si cewe PHP.

Saya sering beli paket makan di Emados tapi ya dibungkus, itu porsinya buat saya sih kurang, tapi emang enak. Walau mirip² seperti nasi kuning, tapi beda. Ya karena karakter beras yang dipakai juga beda si, beras ala² timur tengah, yang jelas karakter beras itu bukan beras asia tenggara deh.

Ada beberapa paket makan di Emados, yang sudah include dengan minum teh panas/dingin tawar, kalau mau manis nambah 3K.

Saya waktu itu gak sempat memfoto menu yang ada di kasir, jadi ya ini saya hanya share apa yang saya beli saja.

Saya itu beli Nasi Mandi Peri-peri (include ayam paha) + paket minum es teh tawar, itu harga paketnya Rp 38.182,-


Jadi nasinya sih seperti nasi uduk model kuning dengan beras ala Timur Tengah, tapi rempahnya ada, walau tidak terlalu strong. Untuk ayamnya di lapisan kulitnya ada bumbu pedas asam gitu si. Nah sambelnya ini lumayan pedes, tapi pedesnya enak. Cocoknya emang makan sama nasinya, jujur dengan sambel ini plus nasi yang tidak terlalu strong jadi perpaduan pas, bisa narik nasi banyak, butuh 2-3 porsi deh kalau makan di sini supaya kenyang-nyang. Ditemani salad mayo, jujur saya sih suka, hanya porsinya yang kurang nampol.

Kemudian teman saya itu beli Butter Rice (include ayam paha) + pake minum es teh manis, tadi nambah 3K. Kalau paketnya sendiri standar itu Rp 29.091,-


Kalau ini sih standar aja menurut saya, sambelnya ya biasa sih, tapi ini juga enak sih, porsinya sama kurang nampol. Dibandingkan menu tadi, ini standar sih, kurang ada sensasi rasanya, tapi sama² enakz tentunya beda menu kan beda karakteristik ya.

Oh ya, saya juga penasaran sama itu menu jajan, Samosa namanya, jadi itu saya beli menu itu 1 porsi, harganya Rp 34.545,-. Isinya hanya 3 pcs, hmm lumayan mahal juga ya. Tapi namanya mencoba dan biar gak penasaran.


Saya coba cari tahu, Samosa itu apa si?

Samosa atau samsa atau somsa merupakan makanan bergenre pastry goreng berbentuk segitiga. Isiannya bisa beragam, yang umum berupa kentang rebus berbumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, dan kadang-kadang paneer. Kebetulan yang di Emados ini adalah isian keju. Makanan ini merupakan makanan khas dari daerah Asia Tengah, Asia Selatan, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Jazirah Arab.

Ketika saya mencobanya, dia itu seperti lumpia, tapi bukan. Isinya adalah keju, emang gak terlalu terasa kejunya, tapi dikatakan itu isinya keju. Enak disantap ketika masih panas, dicocol dengan saus mayones atau sambel paket menu Nasi Mandi Peri-peri.


Kalau kalian mau liat isiannya ya seperti foto di atas, itu adalah isian di dalamnya. Kejunya padat tidak lumer seperti bayangan awal saya.


Ya itulah kira² cerita dan catatan yang bisa saya share di sini. Sejauh ini selama ke Emados baru menu itu yang saya coba, saya hanya ingin buktikan porsinya ketika bungkus atau makan di sana sama apa beda, ternyata ya sama saja.

Jika lain kali ke sini lagi, saya mau nambah porsi atau mencoba menu yang lain sih.

Baiklah segitu saja ceritanya, sampai jumpa dicerita jajan lainnya. Hmm, memang bulan April adalah bulan jajan buat saya, jajan aja terus ya. -cpr-


4 komentar:

  1. Kalo makanannya memang enak, di makan di rumah atau di tempat ya Podo ae enake..tapi katanya kalo makan di tempat enak pas di bawa pulang koq biasa aja..ada apa"nya..hehehe..itu sih kata orang".nasi mandi itu apa mirip"nasi kebuli kah?..soalnya saya jarang jajan makanan timur tengah..pernahnya makan nasi kebuli tok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip² deh mba, saya malah mikir sebenarnya kaya nasi uduk gitu, yang bedain karakter berasnya dan rempah² nya dinasinya itu.

      Yang satu nasi "dikebuli", yang satu lagi nasi "dimandiin".

      Hapus
  2. 29 ribu dengan paket sekomplit itu mantap tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti si enak, porsinya aja yang kurang.

      Hapus

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox