- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Makan Malam: Nasi Goreng Telor Ceplok dari Nasi Nyaris Bau

Tadi pagi sebelum berangkat kantor saya sudah nyisahin nasi masak malam untuk saya gunakan sepulang kantor, mau makan berkuah dengan nasi itu. Eh pas pulang kantor, buka tepak nasi ternyata sudah mulai berbau. 

Kayanya gak mungkin juga makan nasi sudah mulai berbau ini, mana ini masih bisa untuk satu porsi makan. Lihat stok beras pun tinggal sedikit, akhirnya ya putar otak gimana ini nasi bisa dimanfaatkan. 

Sebelumnya pernah juga ada di blog ini buat nasi goreng dengan nasi sisa kemarin, ya tampilannya sepertinya gak jauh berbeda. Untuk postingannya bisa dibaca ditautan dibawah ini. 


Terpikirlah buat nasi goreng ala kadarnya, intinya sih gimana ini nasi bisa dimakan dengan mengkamuflase sensasi nasi nyaris basi. 

Cek² bahan² di dapur ada beberapa bahan yang bisa saya pakai, ada gamer, balut, cabe rawit, sosis, garam, lada.

Oleh karena tidak ada kecap, saya pakai bumbu siap saji saus teriyaki dari punya Saori, ini sebagai pengganti kecap. 

Bamer, baput dan cabe rawit saya rajang dulu karena buat numis kan, lalu sosisnya juga saya potong kecil², ya buat pemanis saja sih biar gak terlalu pucat gitu.

Ini nasi sebelum dioven, kalau difoto nampak baik² saja, padahal mah agak basah lembab gitu. Baker dan badut disesuaikan untuk satu porsi saja. 

Nasi yang nyaris bau ini nampak sudah mulai berair, ya agak basah dan lembek, kalau langsung digoreng pastinya jadi benyek. Akhirnya saya manfaatkan oven, saya panggang dulu ini nasi dioven selama 5 menit disuhu 120°C, setidaknya bisa ngurangi basahnya, jadi sedikit agak kering.

Tumis bamer, baput dan cabe rawit, setelah wangi masukan itu sosis juga, tumis hingga wangi. Lalu masukan itu nasi basi tadi, aduk hingga rata dan masak. Saya mengaduknya terus supaya rata dan termasak semua sisinya, soalnya teksturnya masih lembab gitu.

Ini nasi goreng fresh from kitchen, aromanya biasa aja sih 🤭, tapi rasa masih layak makan lah ya. 

Lalu kemudian masukan saori teriyaki, aduk rata, garam, lada dan penyedap rasa, aduk hingga rata dan masak sampai si nasi ini agak lebih kering. Sekalian juga koreksi rasanya. Hmm, rasanya ya pastinya beda dari nasi² goreng beli atau restoran, namanya juga bikinan sendiri, ya begini, tapi masih layak makan koq.

Hasilnya seperti yang bisa sobat gaksukalapar.id lihat di atas, ya jadi satu porsi, untuk sekali makan, pas lah untuk makan malam kali ini.

Untuk menemani nasi goreng tadi, saya ceplokan telor deh, supaya ya ada gurih² dari lauk lain. Supaya nasi goreng mudah tertelan dan mengalihkan pikiran bahwa ini nasi basi lho.


Begitulah menu makan malam saya kali ini. Agak kurang mengenakan sih ya karena berbekal nasi nyaris basi, tetapi demi menyelamatkan, daripada mubazir kan. Toh saya sudah terbiasa mengkonsumsi yang 'bekas', jadi no problemo. Semua tergantung gimana mengemasnya, walaupun tetap gak bisa membohongi bahwa ini adalah nasi nyaris basi.

Sampai jumpa dicatatan makan malam saya lainnya, semoga bisa nambahi postingan digaksukalapar.id. @cocoper6

1 komentar:

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox