- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Makan Malam: Buncis Tempe Sosis Cabe Garam Mentega + Tempe Tepung

Jika saya selalu bahagia, tenang dan tidak stres, saya bisa menghemat banyak pengeluaran dengan tiap hari bisa masak terus. Alhasil anggaran bulanan bisa lebih hemat daripada beli makan di luar. 

Sepulang kantor ketika pikiran dan badan fresh, tentunya masih ada tenaga dan semangat untuk memasak setiap harinya. Tapi jika sebaliknya, rasanya berat mau masak, dorongan terakhir ya dari rekening ATM yang mulai menipis, sedangkan masih dipertengahan bulan. 

Malam ini saya tak lagi dalam kondisi prima, meskipun saya malam ini masak untuk lauk makan malam. Dorongan ini tentunya didukung oleh rekening yang sudah menipis. 

Makan apa saya malam ini? 

Mengandalkan bahan² yang ada di kulkas, sudah lama saya gak makan menu cabe garam ala² gitu. Biasa saya menggunakan kentang untuk memasak menu ini, tapi kali ini saya gunakan bahan yang lain, meski kentang ada. 

Menu yang saya masak kali ini saya namakan seperti yang tertulis dijudul, Buncis Tempe Sosis Cabe Garam Mentega

Tempe tepung nya saya buat 4 potong, 2 malam ini, 2 buat sarapan besok, satu lagi kaya mirip telur goreng atau kue cucur itu adalah adonan tepung serbaguna. Menu malam ini saya sajikan diwadah stainsless, berasa lagi di penjara. Tapi bukan karena kasus narkoboy, penyalahgunaan psikotropika ya, emang (I), jadi terdakwa terus ditebus bapake, supaya gak malu. 

Bahan² yang saya perlu siapkan antara lain:
# Buncis
# Tempe
# Bawang putih
# Cabe rawit
# Sosis
# Mentega
# Garam
# Gula
# Kaldu bubuk
# Tepung serbaguna

Apa saja yang harus dilakukan untuk meracik menu makan malam ini? 

#1 Buncis saya potong kecil², masak secukupnya, saya biasa masak untuk 2x makan, yakni malam ini dan untuk sarapan besok pagi. Tidak hanya buncis yang dipotong, tempe juga dipotong dadu kecil, begitu juga dengan sosis, potong kecil². Untuk tempe saya potong lempeng besar beberapa potong untuk di tepungin biar jadi tempe tepung. 

Bahan² disiapkan di sini, seperti dokumentasi di atas. 

#2 Bawang putih dan cabe rawit tadi dirajang menggunakan hand blender, supaya teksturnya jadi buliran kasar. 

#3 Sebelumnya untuk membuat si tempe dan sosis jadi gurih, tempe dan sosis yang sudah dipotong kecil tadi digoreng terlebih dulu setengah matang lah. 

#4 Tempe yang sebelum ditepungi, direndam air garam terlebih dahulu supaya ada gurih² asinnya, walaupun ada bantuan gurih dari bumbu tepung serbaguna. Sesudah direndam beberapa menit, lalu mulai baluri tempe dengan adona tepung serbaguna, lalu kemudian goreng. Jika sudah digoreng dan matang, angkat dan tiriskan. 

Kebetulan ada kelebihan adonan tepung serbaguna, saya gunakan untuk lauk, adonan tepung nya saya goreng dan jadi mirip seperti 'kue cucur'. 

#5 Selanjutnya persiapkan untuk menulis lauk utama. Panaskan wajan, lalu berikan mentega secukupnya untuk menumis bawang putih dan cabe rawit yang sudah dirajang setengah halus tadi. Tumis hingga wangi, lalu setelah itu masukan buncis, tempe dan sosis yang tadi habis digoreng setengah matang. Tumis semuanya dan aduk rata, sambil masak terus. Tambahkan kaldu bubuk, garam dan gula sebagai pelezat rasa. Lalu kemudian tumis gosreg hingga merata. Masak hingga kira² matang, koreksi rasa sesuai selera, jika oke, angkat dan sajikan dipiring saji. 

Hasilnya seperti apa, itu bisa dilihat didokumentasi yang ada di atas tadi, itulah hasil karya malam ini. 

Saya jadikan dua porsi untuk dua kali makan, malam ini dan besok pagi. Jadi besok pagi saya beruntung bisa sarapan terlebih dahulu, hanya entah nanti makan siangnya saya gimana, saya pikirkan esok saja. 

Baiklah segitu saja catatan makan malam saya hari ini, ya setidaknya bisa menambah postingan diblog ini, gaksukalapar.id, sampai jumpa dicatatan lainnya lagi. @cocoper6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox