- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Makan Malam: Menu Telur Kecap

Telur lagi, telur lagi. Nampaknya itu yang sedang terjadi, hari ini saya sudah konsumsi 2 butir telur, saat makan siang buat bekel saya buat telur kornet, eh malam telur lagi bumbu kecap teriyaki.

Mudah²an tidak bisulan sih, saya lagi butuh protein lebih memang, tapi kalau kurang sayur tidak cukup baik juga untuk keseimbangan nutrisi sih.

Yups awal Juli ini saya lagi coba melakukan treatment untuk penggemukan, dengan keadaan ekonomi ya masih sama, kembang kempis, tapi disemester ke-2 2022 ini saya harus melakukan sesuatu untuk suatu perubahan.


Makan malam saya kali ini simpel sekali, memanfaatkan bahan yang tersisa. Di kulkas itu hanya ada buncis dan kornet, dan juga telur yang tersisa sebutir. Kebetulan stok bamer dan baput ya masih ada. Bumbu Saori 'saus teriyaki' sisa masak beberapa waktu lalu pun masih ada, jadi saya manfaatkan itu.

Telurnya saya goreng ceplok 'mata sapi' lebih dulu. Saya goreng menggunakan mentega saja, setelah itu saya tiriskan.

Bamer, baput dan cabe rawit saya rajang, untuk bahan dasar tumisan. Tak lupa itu buncis saya potong kecil², seperti merajang cabai. Saya anggap si buncis ini sebagai cabai hijaunya.

Setelah itu panaskan wajan, berikan sedikit minyak dan siapkan untuk menumis. Setelah harum tumisannya, masukan buncis yang sudah dirajang tadi, lalu kemudian masukan itu saus teriyakinya, gosreng lagi. Lalu masukan air, supaya berkuah dan biarkan dia mendidih.

Berikan kaldu jamur, lada sedikit, garam dan gula secukupnya. Setelah itu aduk rata. Kemudian masukan telur ceplok yang tadi ke dalam masakan dan aduk rata, biarkan mendidih dan airnya agak berkurang. Jangan lupa tes rasa, kalau sudah oke ya siap angkat dan sajikan.


Jadinya ya seperti dokumentasikan di atas, pada paragraf awal tadi. Saya santap dengan nasi putih panas. Ya lumayan lah untuk tambahan energi, walaupun menu tak seimbang nutrisinya, tapi saat ini butuh kenyang dulu, daripada lapar.

Ya segitu saja catatan yang bisa dibagikan soal menu makan malam saya kali ini. Sampai jumpa dicatatan berikutnya, masih berhubungan dengan masakan sih. -cpr-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox