- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Buat Kudapan Spesial Ulang Tahun Ibuk

Masih ingat tahun lalu pas lebaran, men ulang tahun ibuk dirayain pas lebaran hari pertama. Cari toko kue saat itu sulit karena banyak toko kue pastinya tutup. Yang terpintas saat itu adalah Dunkin, jadi kue ultah ibuk dari Dunkin deh, setelah beli baru pas lewat Holland ternyata buka.


Cerita tentang momen itu saya bahas dipostingan terpisah, tautannya ada dibawah ini, hanya untuk pembaca terbatas.

Lalu bagaimana dengan tahun ini?

Tahun ini rencananya saya mau buat sendiri saja special buat ibuk. Ya beliau sudah jadi 'ibu angkat' saya sejak di sini, ya sejak itulah.

Ini kudapan sebelum dibawa ke tempat ibuk. Brownis nya saya tempatkan wadah plastik ware besar, untungnya masuk dan puding buahnya saya wrapping bening supaya fresh. 

Apa saja yang mau dibuat untuk ibu. Pertama sih itu puding buah 3 lapis dan satu lagi adalah brownis coklat panggang. Mudah² ibuk suka dan setidaknya bisa buat ibuk senang dihari ulang tahunnya ini.

Puding Buah 3 Lapis
Nah puding ini saya buat pagi hari dihari ini, ya pas ulang tahun ibuk. Saya bangun pagi (jam 4 pagi) dan bersiap. Bahan² sudah saya siapkan semalam dan sehari sebelumnya. Walaupun selalu saja setiap saya masak ada saja yang 'tertinggal'. Kali ini saya sampai kehabisan gula, alhasil pagi² harus keluar kos cari gula.


Bahan² yang saya siapkan:
# Nutrijel 3 varian: plain, melon dan pomegrand
# Mangga
# Strawberry
# Jeruk
# Melon
# Gula pasir

Prosesnya ya sama saja seperti buat agar², mengikuti petunjuk dari kemasan Nutrijel itu tadi.

Ini adalah proses penuangan sampai layer pertama, lagi menunggu pemasakan buat layer kedua dan ketiga.

Saya pakai cetakan puding yang memanjang dengan tekstur gelombang gitu. Dimana layer paling bawah (yang akan jadi paling atas) saya berikan yang plain lebih dulu, lalu kemudian buah², lalu layer kedua saya tuang melon kemudian ditambah buah lagi dan ketiga adalah yang pomegrand.

Ada catatan sih, saya kurang cepet memasak adonan per layer, sehingga menurut saya masing² layer ditakutkan tidak mengikat satu sama lain karena keduluan 'memadat'.

Alhasil pas disantap itu 'pecah' antara layer satu dan lainnya. Hmm tidak memuaskan sih kalau buat saya, maafkan ya buk tidak sempurna #selalu #always. Harapannya tidak mengurangi esensi momen perayaan hari ulang tahun ibuk. 


Brownis Coklat Panggang
Untuk menemani kudapan dingin segar tadi saya coba carikan temannya, yang memungkinkan membuat dalam waktu singkat ya brownis panggang ini. Kebetulan sumber daya tersedia dan rasanya sayang kalau tak mencobanya. 


Ini merupakan batch kedua, setelah sebelumnya ya bisa dinyatakan okelah, wong tinggal ngikutin instruksinya saja, kalau gagal ya paling kesalahan teknis saja. 

Evaluasi brownis panggang batch kedua ini adalah saya salah menaruh panggangan terlalu tengah, jadi ketika brownis mekar saat dipanggang itu menyentuh atap dari elemen pemanas nya, alhasil brownis nya coak. Untuk menutupinya akhirnya dikasi taburan keju deh. 


Begitulah kira² kudapan yang dibuat untuk perayaan hari ulang tahun ibuk. 

Untuk ibuk, Selamat Ulang Tahun, semoga ibuk selalu diberikan kesehatan, perlindungan dan berkah berlimpah dari anak² ibu. Sehat dan bahagia selalu untuk ibuk dan sekeluarga. 

Kalau gak salah hitung, hari ini ibuk berulang tahun ke-58, berkat melimpah selalu untuk ibuk dari anak 'angkat' jauh 😊. 


Catatan terkait acara ini akan dibahas dipostingan lain dan dipublish dicatatan pribadi. Sampai jumpa dibahasan soal masak-memasak dipostingan lainnya. @cocoper6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox