- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Sambal Jamblang "Johan"

Bagi orang Cirebon, pasti gak asing dengan makanan khasnya, nasi jamblang. Selain beragam lauk pauk yang menggugah selera, ada satu pelengkap yang gak boleh dilewatkan.

Apa itu?

Sambel Jamblang! Walau hanya sekedar sambel, tapi sambel jamblang kalau di warung sega jamblang, sambel itu dihargai lho. Biasanya, sambelnya saya 3-4 sendok.


Karakter sambel jamblang tidak terlalu pedas, jadi bagi yang gak kuat pedes masih bisa mengkonsumsi sambel jamblang, walau namanya sambel tapi gak begitu pedas.

Modelnya seperti sambel goreng gitu, sambel goreng ati, hanya saja tidak ada atinya.

Pas kebetulan ibu saya mengunjungi saya, ibu saya membawa oleh² sambel jamblang khas Cirebon. Sambel jamblang ini banyak yang menjualnya dalam kemasan, macam² orang yang bisa membuat sambel jamblang membuatnya dalam kemasan, sehingga bisa disantap dengan lauk pauk yang lainnya.

Kebetulan yang dibawa oleh² oleh ibu saya adalah Sambel Jamblang "JHN" Johan, kemasannya seperti yang kalian bisa lihat didokumentasi di bawah ini.



Terdapat exp. 6 Desember 2024, asal ditempatkan di lokasi yang layak sambel ini awet lho. Dua minggu sejak dibuka, sambelnya masih enak koq disantap.

Untuk rasanya sih beragam ya, tapi secara umum enak sih untuk disantap dengan nasi panas bersama siwang, bawang goreng kriuk, mantabs.


Sejauh ini sih saya menganggap semua sambel jamblang ya sama² saja, sama² enak.


Baiklah segitu dulu sharing soal produk makanan. Kebetulan sudah lama saya jarang update di gaksukalapar.id, pas ada produk sambel jamblang ini jadi sekalian saja saya bahas di sini.

Jumpa lagi dibahasan lainnya, masih digaksukalapar.id. -cpr

#sambeljamblang
#produk
#masakan
#review

4 komentar:

  1. Sambel gini memang enaknya buat temen nasi mas..saya juga suka sambel item Madura ,tapi rada pedes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambel item Madura baru tau nih, itu petis ta mba? Koq jadi penasaran ya.

      Hapus
    2. Bukan mas...coba aja googling..enak pokonya

      Hapus
    3. Tak Googling deh ... #kepojuga

      Hapus

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox