- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Nyokap Ngolah Lele Dumbo, Lele "Monster"

Beruntung sejak pindah ke rumah baru, ada saja rejekinya. Pagi ini, ketika Mimin di kantor, Mimin ini dapat WA dari nyokap. Nyokap mengirimkan sebuah foto 'lele' dimana badan lele itu kena cat warna biru.

Mimin pikir ini ketemu lele dari lubang WC atau septitank, soalnya ada kena warna cat biru, soalnya tembok rumah Mimin itu warnanya biru.

Kalau difoto begini gak kelihatan dumbonya, mirip seperti lele pada umumnya, tapi setelah lihat video setelah ini, baru bisa bilang, "wah besar sekali lelenya!"

Gak lama ada video susulan dikirim, dan disitulah terlihat lele yang sesungguhnya, yakni lele 'monster'. Lelenya besar banget, beda dengan lele yang dijual dipecel lele.


Jadi begini ceritanya, di lingkungan rumah yang baru Mimin tinggali ini ada empang/ kolam ikan, di kolam itu ternyata diisi ikan lele. Ikan lele itu dipelihara oleh Pak Nadi, beliau ini tinggal tidak jauh dari rumah Mimin.

Hasil perkenalan Mimin dengan beliau, Mimin sempet tanya² di kolam itu isi ikan ukuran berapa, katanya ukurannya besar² soalnya sudah tahunan di sana.

Kebetulan hari ini Pak Nadi ini panen kolamnya dan Pak Nadi berbaik hati memberikan seekor lele panenanya untuk keluarga Mimin, ditawarilah adik Mimin lele 'monster' ini.


Mimin hanya dapat cerita sepulang kerja dan keseruan dari video nyokap dan adik Mimin ketika memproses lele ini untuk kemudian diolah di dapur.

Setelah si lele dipotong² dan dicuci berkali-kali, informasinya nyokap mencucinya sampai 10x



Dan pulang kerja Mimin langsung menyantap olahan lele 'monster' ini, yang dibuat lele goreng dan sop lele. Wah mantab sekali pokoknya deh, sampai Mimin ini kekenyangan malam ini.

Ini dia sop lelenya, muantab gak ada amis² nya, lezat sekali.

Ini sisa daging yang diolah setengah matang sistem asap, untuk diolah besok entah mau dibuat mangut atau lele goreng.

Dokumentasi hasil olahan nyokap bisa dilihat difoto di atas ya. Postingan ini Mimin hanya mau nge-share cerita keseruan hari ini. Supaya jadi pengingat akan kebaikan Pak Nadi yang sudah berbagi panenan ikannya. SSDK

4 komentar:

  1. Saya suka ikan lele goreng,tapi jangan kelewat gede .serem liatnya,palingan beli pecel lele Abang warung tenda,ukuran sedeng..garing..lele kalo udah dingin lembek dagingnya..tapi kalo di syur blom pernah coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah harus coba, enak lho, ini buatan nyokap, the best. Yang tadinya saya serem lihatnya jadi menikmati, apalagi kalau tahu itu ikan lele makannya dari apa, hmm awalnya gak mau makan, tapi pas nyobain sop lele panas ini, maknyos deh.

      Hapus
  2. Wah mantap kali olahannya,
    Dilihat dari foto pertama biasa aja. Pas liat video pertama barulah saya sadar itu ikan dumbo gede banget.

    Salam salam lah buat nyokapnya, sapa tau saya dibungkusin hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir² ke cafe in house hahaha

      Masakan nyokap itu paling the best, ibu itu pahlawan masa kini ... pasti bisa aja menyediakan menu makan terbaik untuk keluarga 👍

      Hapus

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox