- makan untuk hidup, tapi hidup bukan untuk makan saja -

Mengenal Buah Salju, Buah Tropis Oleh² dari Bedugul

Beberapa waktu yang lalu saya dapat buah tangan dari teman saya, entah dia dapat dari mana, saya dikasi beberapa buah, awalnya saya pikir itu sayur, semacam petai.

Ternyata teman saya bilang itu buah, namanya buah salju. Hmm, buah apa itu, perasaan baru dengar seumur-umur.

Agak geli ketika saya pertama kali memegangnya, buahnya ini kulit luarnya seperti berbulu gitu, bentuknya seperti 'petai', berbuku-buku gitu, gambarnya bisa kalian lihat di bawah ini ya.


Pas teman saya ini bilang, buah salju, saya bingung gak salah kasi nama? Malah saya pikir teman saya ini ngarang, asal nyebut aja. Tapi ternyata bener lho kata teman saya ini. Bahwa buah yang diberikan itu namanya buah salju di Indonesia.


Mulailah saya mencari tahu dong, 🎵🎶 "cari tahu, dengan jarimu!"

Jadi buah ini bernama buah salju, di Indonesia buah ini banyak tumbuh di daerah Bedugul, Bali, Indonesia.

Jadi jika kalian ke Bali, terutama di daerah Bedugul gak akan asing dengan penjaja yang menjual buah jenis ini di pinggiran jalannya. Buah ini dijual dikisaran Rp 30.000,- sampai Rp 50.000,- per kg nya.

Sekedar informasi, sebenarnya buah ini bukan asli tumbuh di daerah Bedugul hingga akhir sekarang² kita mengenal buah ini 'khas' Bedugul. Buah ini sebenarnya lebih dulu ada di negara lain, yakni negara² yang punya iklim tropis sama seperti Indonesia. Kebetulan Indonesia, di Bedugul beriklim tropis maka tumbuhan ini bisa tumbuh subur.

Buah ini tak hanya ada di Indonesia, di daerah beriklim tropis seperti di Amerika Selatan pun banyak tumbuh buah ini, seperti di Peru, Venezuela dan Kolombia. Juga gak asing di Amerika Tengah, seperti Bolivia, Guyana Prancis. Di sana  buah ini dikenal dengan nama ice cream bean.

Meski ada juga di luar negeri, namun ada perbedaan karakteristik buahnya, di Indonesia buah salju ini cangkang bagian luarnya seperti ada bulu² halus seperti layaknya beludru, sedangkan yang ada di Amerika Selatan, Amerika Tengah tidak seperti itu, tapi memang isi daging buahnya identik.

Tanaman atau pohon buah salju ini tumbuh pada tanah dengan kisaran pH 4-8. 

Di luar negeri sana, buah ini punya sebutan yang berbeda-beda antara lain guaba, inga cipo, guamo bejuro, pois sucre, rabo de mico, inga de metro, Monkey tail, Monkey Tamarind joaquinquil, dan cuajiniquil guama.

Buah ini punya nama ilmiah Inga edulis. Buah salju ini merupakan buah dari pohon yang tingginya 17-30 meter, umumnya sering ditanam di kebun² coklat atau kopi sebagai peneduh.

Bentuk dan buahnya seperti polong-polongan berusuk memanjang, berbentuk silinder, melengkung atau sering melingkar ke atas.  

Kulit luarnya berwarna hijau dan akan menjadi coklat kekuningan saat sudah matang, warna dagingnya putih.


Ketika pertama memegang buah ini pasti akan bingung, yang dimakan apanya dan bagaimana cara makannya.

Caranya itu ya buka kulitnya, karena yang kita makan adalah dalamnya, bijinya ini dibungkus daging buah yang berwarna putih, seperti kapas. Karena inilah disebut 'salju'. Disebut ice cream bean, warna daging buah yang putih seperti kapas ini punya rasa yang manis, memang sih mirip juga seperti es cream yang disalutselaput ke sebuah biji.


Buah salju ini mempunyai kandungan kalori yang rendah, berada diangka 60 kalori per 100 gram daging buah. Ada pula kandungan protein, serat dan karbohidrat.

Buah ini juga mengandung zat antioksidan yang baik bagi tubuh dan mengandung zat antiinflamasi yang membantu dalam melawan proses peradangan.

Kandungan lain buah ini yakni gallic acid, flavonol quercetin, epicatechin dapat berfungsi untuk mengobati sakit kepala hingga melawan risiko kanker.


Ya kira² segitu saja deh sharing saya soal buah salju ini. Terkadang kita ini butuh informasi tentang hal² baru, jujur saja buah ini baru buat saya, sehingga ketika mau makan itu seperti bingung, takut² rasanya atau gimana², dengan kita tahu apa sih buah ini, dan apa sih yang dimakan, makanya jadi paham.

Sampai jumpa dibahasan lainnya, postingan ini saya share sebagai sumbangan di gaksukalapar.id, kebetulan kan bahas makanan², jadi saya share kan di sini. Sampai jumpa lagi, bye-bye. -cpr-

4 komentar:

  1. Sepintas di liat kayak kacang..bahkan saya kira asam Jawa wkwkk...gak taunya buah salju😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mirip asam Jawa ... hanya lebih besar, mungkin asam Jawanya barat-tengah-timur, jadinya gede banget 🤭

      Hapus
  2. aku juga baru tau ini ada buah salju, emang di lihat sekilas dari fotonya mirip kacang :D

    BalasHapus

Ini tempat untuk berinteraksi, ketika ada ide yang lain atau sumbang saran, di sini tempatnya. Salam kenal sebelumnya :)

Adbox